Monday, September 3, 2012

Orang Korea Takut Apa?

20120818_165021

Sambil mengaduk bubur mutiara, mbak Attiin bercerita kepada saya yang saat itu sedang menemaninya di dapur keputrian masjid Busan.

"Waktu beli pewarna (makanan) ini, penjualnya pesan, 'Kalau pakai pewarna ini jangan banyak-banyak, sedikit aja kalau emang harus pakai pewarna. Daripada nanti sakit, soalnya zat seperti ini tidak baik bagi kesehatan.'"

"Orang Korea itu takut hukum. Pernah saya beli semangka, penjualnya punya semangka tester yang cuma dipotong sedikit. Terus saya coba tawar, 'Ahjussi, semangkanya saya beli ya dengan harga murah, daripada nggak ada yang beli, kan udah malam'. Ternyata penjualnya malah jawab begini, 'Ini nggak saya jual, daripada nanti kamu beli lantas perutmu sakit (karena makan semangka yang sudah terbuka seharian) lalu kamu masuk rumah sakit. Kalau kamu laporkan polisi, nanti saya bisa masuk penjara!'"

Begitulah orang Korea. Mereka memang taat hukum, takut karma dan CCTV :D

-Kenangan obrolan 18 Agustus 2012, sehari sebelum hari raya Idul Fitri 1433 H, untuk mbak Attiin yang akan pulang ke tanah air besok :')-

Posted via email from i love my life

No comments:

Post a Comment